Memahami perbedaan http dan https protokol

Memahami perbedaan http dan https protokol

loading....

Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan http dan https secara lengkap mulai dari port yang digunakan sampai dengan tingkat keamanan dari kedua protokol ini.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang perbedaan http dan https baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian nya dari masing masing protokol.

HTTP

Contoh Website Dengan HTTPHTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Protokol HTTP ini digunakan untuk mengirim dan menerima informasi untuk sistem yang berbeda. Protokol HTTP mengirimkan informasi dari sebuah webserver kesebuah web browser port yang digunakan adalah prot 80.

HTTPS

Conteoh Website Dengan HTTPSHTTPS merupakan singkatan dari Hypertex Transfer Protocol Secure. Dilihat dari namanya HTTPS ini lebih aman daripada protokol HTTP biasa. Kenapa bisa lebih aman? Karena protokol HTTPS ini di enkripsi. port yang digunakan adalah prot 443.

Kenapa saya bilang lebih aman? Tidak saya bilang aman? Protokol HTTPS lebih aman karena telah dienkripsi jadi data yang di terima dan dikirimkan sudah di enkripsi terlebih dahulu.

Bagaimana tingkat keamanan dari kedua protokol ini? Tentu saja HTTPS yang memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Tapi tidak menjamin sebuah website yang menggunakan protokol https tidak dapat di susupi oleh hacker atau dalam bahasa keren nya di hack.

Protokol HTTPS ini hanya mengamankan jalannya transfer data agar tidak dapat di intip oleh seorang hacker yang menggunakan teknik hacker yang bernama sniffing.

Keuntungan HTTPS

Berikut ini akan saya jelaskan juga beberapa keuntungan menggunakan protokol https untuk sebuah website :

  • Lebih aman karena protokol ini sudah dapat mengurangi kemungkian serangngan hacker seperti
    • Sinffer
    • DNS Spoofing
  • Baik untuk Search Engine Optimation (SEO) karena search engine seperti google lebih mengutamakan website dengan protokol https untuk tampil di mesin pencari nya, jadi peluang nya lebih besar untuk muncul dihalaman pertama search engine dibandingan website biasa yang menggunakan protokol http.

Cara merubah HTTP ke HTTPS

Untuk merubah atau meredirect http ke https sebuah website dapat menggunakan sebuah file yang bernama .htaccess yang diletakan pada direktori utama sebuah website lalu di isikan dengan perintah berikut

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]
Artikel Menarik Lainnya
perbedaan http dan https, hacker, keamanan komputer

loading...