Tutorial Codeigniter 3 Bagian #10 : Memanipulasi Gambar (Watermarking Image)

Tutorial Codeigniter 3 Bagian #10 : Memanipulasi Gambar (Watermarking Image)

loading....

Setelah beberapa minggu saya gak update artikel di website ini akhirnya saya sempatkan kembali untuk mengupdate artikel pada website ini. Seperti janji saya pada artikel sebelumnya pembahasan artikel kali ini adalah tutorial membuat watermark pada gambar dengan menggunakan codeigniter 3. Sebelum kita memulai ke tutorial nya ada baik nya kita mengetahui apa yang di maksud dengan watermark. Watermark adalah sebuah tanda yang sengaja ditambahkan pada sebuah gambar atau video agar mempermudah kita mengenali gambar itu buatan kita dengan tujuan membuat gambar asli lebih sulit untuk disalin atau di gunakan tanpa ijin.

Ok, sekarang kita akan memulai tutorial pembuatan watermark dengan menggunakan framework php codeigniter 3.

Langkah-langkah Pembuatan watermark 

Untuk membuat tutorial ini saya akan membuat sebuah controller dengan nama wm. kenapa saya beri nama "wm" karena wm adalah singkatan dari watermark ^_^. Ok sekarang kita masuk ke source code dari controller wm. Pembuatan watermark ini menggunakan calss atau librari "image_lib" sama hal nya dengan kita mengupload gambar, membuat thumbnail gambar.

<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');
class Wm extends CI_Controller {

	public function index()
	{ 
      $config['source_image'] = './uploads/codeigniter.jpg';
	  $config['new_image'] = './uploads/codeigniter1.jpg';
      $config['wm_text'] = 'Tutorial Watermark RumahCode.org';
      $config['wm_type'] = 'text';
      $config['wm_font_size'] = '16';
      $config['wm_font_color'] = 'ffffff';
      $config['wm_vrt_alignment'] = 'top';
      $config['wm_hor_alignment'] = 'left';
      $config['wm_opacity'] = '10';
	  
      $this->load->library('image_lib', $config);
      $this->image_lib->initialize($config);

      $this->image_lib->watermark();  
	}

}

Source Code controler di atas adalah cara untuk membuat watermark dengan codeigniter 3. Dengan source code di atas watermark akan di tempatkan pada bagain kiri atas dengan tulisan "Tutorial Watermark RumahCode.org". Gambar yang di gunakan adalah file gambar yang terletak pada direktori upload dengan nama file "codeigniter.jpg" file baru yang di buat atau file setelah melalui proses watermarking akan di letakan pada direktori "uploads" dengan nama file "codeigniter1.jpg" dengan ukuran text 16 dan warna dari text watermark berwarna putih. Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini.

Contoh Hasil dari watermark

Demikian lah tutorial ini saya cukupkan sampai disini. Jika masih ada yang kurang jelas kamu dapat menanyakan nya pada kolom komentar atau melihat user guide dari watermarking codeiginter 3.

Artikel Menarik Lainnya
Codeigniter, Codeigniter 3, Belajar Codeigniter 3

loading...